Provinsial SJ : Spiritualitas Ignasian Memperkaya Kehidupan Keluarga Alumni Sekolah Jesuit

0
1097

Spiritualitas Ignasian benar-benar memperkaya kehidupan keluarga para alumni yang pernah bersekolah di lembaga pendidikan yang dikelola ole para Romo Jesuit (Serikat Yesus) yang dikenal dengan Tujuh Kolese antara lain Kolese Kanisius Jakarta, Kolese Loyola Semarang, Kolese De Britto Yogyakarta, Kolese St. Mikael Surakarta, Kolese Gonzaga Jakarta, ATMI Surakarta dan Cikarang, PIKA Semarang, Seminari Mertoyudan, Kolese Le Coq d’Armanville Nabire, dan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

“Saya sangat bahagia karenanya. Bahkan saya punta feeling yang kuat akan eratnya persaudaraan di antara alumni sekolah-sekolah Jesuit,”ujar Romo Sunu Hardiyanto SJ saat memberi sambutan dalam pertemuan bersama Presiden World Union of Jesuit Alumni, Alain Deneef, di Relish Bistro, Apartemen Fraser, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Romo Sunu, begitu pria ini biasa disapa menyebutkan, tiga tahun lalu Serikat Yesus telah melakukan riset untuk seluruh Provinsi Indonesia. Dia terkejut dengan temuan yang didapat. “Kami, Jesuit seluruh Indonesia ada 300, dan teman-teman yang bekerja dengan kami sekitar 6.000 orang. Setiap tahun kami melayani 240.000 orang di Indonesia,”tegas Sunu.

Itu artinya, dampak atau efek yang dibuat atas karya Jesuit sungguh luar biasa. Dari 300 ke 6.000 itu 20 kali dan 6.000 ke 240.000 itu 40 kali. Artinya, efek untuk memengaruhi kehidupan semakin banyak orang dalam menghayati hidup sesuai spiritualitas Ignasian bisa lebih besar lagi.

Provinsial SJ Indonesia, Romo Petrus Sunu Hardiyanto SJ

Apalagi, menurut Sunu, beberapa lulusan Kolese Kanisius menjadi orang-orang yang berkarya di bidang politik, bahkan menjadi pimpinan partai. Tentu saja masih ada para alumni dari kolese-kolese lain. Baik yang di Yogyakarta, Semarang serta yang lainnya.

Semoga, para alumni dari Kolese Le Coq d’Armanville Nabire, Papua pun juga punya pengaruh besar untuk wilayah ini. “Kita tahu, Nabire, Papua merupakan wilayah yang sangat miskin. Namun Puji Tuhan, kolese-kolese yang lain mempunyai perhatian yang besar pada kolese satu ini. Semuanya mendukung penuh karya di Papua ini,”ujar Romo Sunu.

“Kami sangat berterima kasih atas kerja keras seluruh alumni untuk karya-karya Serikat Yesus saat ini,”kata Romo Sunu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here